Jumat, 15 Maret 2013

Lelaki dan Statusnya di Facebook

Saya pernah mendengar seorang teman berkata tentang ilfeel-nya dia dengan lelaki yang sering meng-update status di facebook. Dengan wajah yang sedikit mencibir dia menaikkan sedikit bibir tipisnya di bagian kanan. Tampak sedikit kejengkelan. "Kenapa?" Tanyaku. Dia hanya menjawab kalau lelaki itu tidak pantas 'bermain' facebook, apalagi pada status mereka yang katanya seperti perempuan saja yang senang berbagi cerita hidup, dengan raut wajah yang seperti saya jelaskan tadi. Sungguh, saya hanya bisa tersenyum dan menggelengkan kepala. Memang, semua orang memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat. Apalagi Indonesia ini telah menjadi negara Demokratis. Tetapi apa benar, ada yang salah ketika lelaki memasang status di akun facebook mereka?

Sampai sekarang, saya terus berfikir kenapa dia bisa berkata seperti itu. Mungkinkah ia trauma pada seorang lelaki melalui status facebooknya lalu ia mendapat kabar 'jelek' darinya?, atau apakah mungkin karena ia tidak mau statusnya tersaingi dengan lelaki yang menjadi temannya di facebook?. Nah, Kalau begitu, jangan berteman dengan lelaki di facebook, gampang, kan?

Setiap orang mempunyai hak untuk berbagi cerita. Masalah facebook, Mark Zuckerberg tidak membatasi siapa saja yang akan menggunakan 'ciptaan' nya itu. Lebih banyak, lebih bagus, lebih banyak duit, lebih kaya lagi. Lebih lagi, yang men-'cipta'-kan Facebook adalah seorang lelaki. Mengapa harus berkata kalau facebook itu tidak pantas buat lelaki?

Mengenai teman saya itu, saya juga tidak mengerti. Tetapi itu pendapat dia, hak dia.
Tulisan ini saya buat untuk sekedar berbagi cerita yang selama ini terus mengganggu pikiranku. Siapa tahu bisa membuka pikiran mereka yang pikirannya sama seperti pikiran temanku itu. Kalau lelaki dan statusnya di facebook itu tidak ada yang salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jelita Hikmah Pemilu

Hari ini kita mengambil banyak hikmah. Kita mengambil nomor urut dan tahu di waktu ke berapa nama kita disebut. Pun tahu bekal apa yang t...